Pesan Digital Hospital ke Orang Tua, Segera Rujuk Anak ke Faskes Jika Idap Gejala Hepatitis Ini

SULTON.ID – Kasus hepatitis akut tengah menjadi perhatian serius setelah tiga anak Indonesia dinyatakan meninggal akibat penyakit tersebut.

Hingga saat ini, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih menelusuri penyebab hepatitis akut itu bisa menjangkit tiga anak yang sebelumnya dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta.

Kasus hepatitis akut ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga terjadi di berbagai negara Eropa, Amerika dan Asia.

CEO Digital Hospital, Dr. Putro S Muhammad mengimbau kepada setiap orang tua di Indonesia untuk segera merujuk anak-anak mereka ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) jika mengalami gejala penyakit hepatitis akut ini.

“Kalau ada anak dengan sakit perut , mual muntah, wajah pucat, mata kuning, kencing kayak teh tua serta demam ringan, maka lapor dan bawa si penderita ke faskes atau dokter. Ini perlu sosialisasi lintas sektor,” terang dr. Putro kepada Sulton.id, Sabtu (7/5/2022).

Ia jugaa meminta agar setiap orang tua tidak panik berlebihan dalam merespon informasi penyebaran penyakit hepatitis akut tersebut.

“Ibu-bapak jangan panik berlebihan, namun juga tidak boleh abai. Kita harus tetap waspada.” tutur dr. Putro.

Selanjutnya, untuk petugas tenaga kesehatan diimbau untuk meningkatkan pengawasan bebasis masyarakat, terutama jika menjumpai anak dengan gejala hepatitis akut.

Terakhir, dr. Putro mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dan lebih peduli pada pola hidup sehat.

“Misalnya makan makanan bersih, sehat, dimasak dengan baik, selalu cuci-tangan, pakai alat-makan sendiri sendiri dan jika buang air besar di luar rumah di toilet tersedia (bukan sembarangan),” pungkas dr. Putro.

Related posts