Kemlu Bakal Gerakkan Perwakilan di Asia Pasifik dan Eropa untuk Tarik Penanaman Modal Asing

SULTON.ID – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI akan menggerakkan seluruh perwakilan Indonesia di Asia Pasifik dan Eropa untuk berusaha mendatangkan penanaman modal asing.

Dirjen Asia Pasifik dan Eropa Kemlu RI, Abdul Kadir Jailani mengungkapkan, bahwa Kemlu bertekad untuk ambil bagian dalam menghadirkan solusi di tengah kebutuhan negara terhadap pembangunan infrastruktur.

“Kami ingin menjadi bagian dari solusi dalam menarik penanaman modal asing bagi pengadaan infrastruktur yang sangat dibutuhkan Indonesia” terang Abdul sebagaimana dilansir dari Kemlu.go.ig, Jumat (15/4/2022).

Atas dasar itulah, Kemlu memberikan pembekalan kepada para Perwakilan Indonesia di Asia Pasifik dan Eropa agar mereka dapat secara efektif ikut mempromosikan peluang investasi melalui skema KPBU dan menjembatani calon investor asing yang kredibel dengan otoritas di tanah air.

Kegiatan pengembangan kapasitas yang melibatkan 127 orang ini – termasuk para Duta Besar, Konsul Jenderal dan Konsul beserta diplomat dari berbagai Perwakilan RI di kawasan Asia Pasifik dan Eropa ini menghadirkan sejumlah narasumber yang memang terlibat erat dalam pengaturan serta pengembangan KPBU.

Paparan pertama tentang Tata Cara Pengadaan KPBU disampaikan oleh Raden Ari Widianto, Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Khusus, bersama Rizki Arif Sudrajat, Perancang Kebijakan Pengadaan Barang Jasa (keduanya dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah).

Selanjutnya, Asisten Deputi Percepatan dan Pemanfaatan Pembangunan (Kemenko Perekonomian), Suroto, menguraikan tentang Debottlenecking Proyek KPBU.

Adapun Direktur Pengembangan Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Pembiayaan (Kementerian PUPR), Agus Sulaeman membentangkan Lessons Learned dan Best Practices Proyek KPBU di Kementerian PUPR.

Disusul oleh pemrasaran terakhir, Kepala Pusat Fasilitas Kemitraan dan Kelembagaan Internasional (Kemenhub), Fikry Cassidy, yang menjabarkan Lessons Learned dan Best Practices Proyek KPBU di Kementerian Perhubungan.

Lalu lintas jalannya paparan yang disusul tanya jawab dipandu oleh Dian Handayani, peneliti pada Infrastructure Center for Indonesia Development Studies (ICIDES) Politeknik Keuangan Negara STAN.

​Sesuai dengan Proyeksi Target Kinerja Kemenlu Tahun 2021-2025, indikator kinerja utama (IKU) peningkatan nilai investasi asing ke Indonesia ditargetkan naik pesat pada tahun 2022 guna membantu pemulihan ekonomi nasional. Dengan demikian, upaya Perwakilan mendorong investasi asing ke Indonesia memang telah menjadi misi yang digariskan Pusat.

Related posts