E-toll Bakal Diganti MLFF, Transaksi di Gerbang Tol Cuma 0 Detik

SULTON.ID – Pemerintah melaluiĀ  Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mengkonfirmasi bahwa penggunaan E-toll bakal dicabut akhir 2022 dan digantikan dengan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF).

Dengan sistem MLFF, pengendara cukup berjalan dengan kecepatan normal dan melalui Global Navigation Satelit System (GNSS) maka sistem secara otomatis akan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit menyatakan, pelaksanaan konstruksi MLFF telah dimulai pada tahun 2021.

Sedangkan untuk implementasinya dilakukan secara bertahap dimulai pada tahun 2022, di mana penerapannya berdasarkan lingkup wilayah dan tidak per ruas tol.

“MLFF ini diharapkan segera dimulai pada tahun 2022 di sebagian besar ruas jalan tol, terutama di Jawa dan Bali,” ungkapnya, seperti dikutip dalam bpjt.pu.go.id, Rabu (18/5/2022).

MFLL ini nantinya akan terkoneksi dengan smartphone pengendara melalui sebuah aplikasi dengan memanfaatkan GNSS.

Rencana E-toll bakalan di cabut dan digantikan dengan MLFF ini diharapkan akan mempersingkat waktu transaksi saat masuk tol menjadi 0 detik saja.

Menurut perhitungan yang di lansir di halaman bpjt.pu.go.id, dengan menggunakan E-toll telah memperpendek waktu transaksi hingga 4 detik.

Selain menghilangkan waktu transaksi serta antrian di pitu toll, penggunaan system MLFF ini juga diklaim mampu meningkatkan efisiensi biaya operasi dan juga meminimalisir penggunaan bahan bakar.

Dalam video yang beredar, nantinya aplikasi MLFF dapat di ungguh melalui aplikasi Cantas, namun sayangnya masih belum di informasikan secara detil spesifikasi smartphone yang dapat menggunkan aplikasi ini.

Diharapkan dengan E-toll bakalan di cabut dan digantikan dengan MLFF, solusi ini selain memudahkan pengguna jalan karena melalui jalan tol tanpa hambatan, informatif, aman, nyaman dan berkelanjutan, juga dapat meningkatkan efisiensi pendapatan tol, serta mengurangi tingkat kemacetan pada jam-jam padat.

Related posts